Menu

Mode Gelap
Indonesia Berhasil Kirim Bantuan ke Gaza via Pesawat Hercules C130 TNI AU H-1 Lebaran, 100.776 Kendaraan Tinggalkan Jakarta Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dijadwalkan Khatib Shalat Idulfitri di Anjungan City of Makassar  Lonjakan Pemudik Capai 56 Persen, Presiden Jokowi: Mudik Lebih Awal Gudang Amunisi Terbakar, Pangdam Jaya :  Bahan Peledak Sudah Kedaluwarsa 

Balikpapan · 22 Jul 2022 16:46 WITA

Diskominfo Kaltim Gelar Literasi Digital Menangkal Hoaks di Balikpapan


 Diskominfo Kaltim Gelar Literasi Digital Menangkal Hoaks di Balikpapan Perbesar

Balikpapan– Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melalui Diskominfo Kaltim bersama Gerakan Anti Hoaks Jurnalis Kaltim menyelenggarakan literasi digital terkait menangkal hoaks bagi kalangan pelajar SMA/SMK se-Balikpapan.

Kegiatan ini diselenggarakan di SMA Negeri 5 Balikpapan dihadiri perwakilan forum OSIS SMA/SMK se-Balikpapan. Dengan menghadirkan tiga nara sumber yakni Kepala Dinas Komunikasi Dan Inforamsi (Diskominfo) Kaltim Muhammad Faisal, Anggota DPRD Kaltim Rusman Yacub dan Jurnalis Senior Charles Siahaan dengan moderator Pimpinan Redaksi sebuah media online di Kaltim Tri Wahyuni, Kamis (21/7/2022).

Pada kesempatan ini, Kepala Diskominfo Kaltim H Muhammad Faisal menjelaskan, Berita hoaks telah menyebar di semua lini. Menggingat tahun depan akan terjadi pensilasi politik yang semakin tinggi mengakibatkan hoaks semakin rame.

“Jadi kami jalan ke beberapa sekolah untuk melakukan sosialisasi anti hoaks. Setidaknya pelajar tau bahwa internet memang diperlukan dan dibutuhkan, tetapi bisa lebih hati- hati dalam penggunaannya,” ucap Faisal saat ditemui awak media.

Dirinya berharap pelajar dapat membedakan mana berita hoaks dan benar. Serta mengingatkan para siswa agar tidak ikut menyebarkan berita hoaks.

“Paling gampang tidak ikut share-share berita yang belum tau jelas kebenarannya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Balikpapan Imam Sujai mengapresiasikan adanya kegiatan gerakan anti hoaks jurnalis Kaltim, meskipun hanya perwakilan OSIS SMA/SMK se Balikpapan yang menghadiri acara ini.

“Berharap dengan adanya informasi yang diperoleh dalam kegiatan ini, perwakilan OSIS bisa menginformasikan kepada teman temannya,” ucapnya, (**).

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Tim Kreatif

Baca Lainnya

Disdukcapil se-Kalimantan Buka Layanan Administrasi bagi Penyandang Disabilitas

11 Agustus 2022 - 15:53 WITA

Tahun Ini 5,3 Triliun Bangun IKN, Progres Bendungan Sepaku – Semoi 56,72 Persen

8 Agustus 2022 - 14:11 WITA

Wagub Kaltim Sampaikan Hal Serius Terkait Prokes

8 Agustus 2022 - 14:08 WITA

Peringati 1 Muharram NasDem Balikpapan Gelar Doa Bersama, Madram Mukyar Gabung, Ini Kata AHB

7 Agustus 2022 - 07:53 WITA

AMPG Balikpapan Bagikan Bendera bagi Pengendara yang Melintas Jalan Sudirman

5 Agustus 2022 - 21:17 WITA

Patman Prakkasi : Lokomotif Baru GAPENSI Harus Bangkit

3 Agustus 2022 - 11:45 WITA

Trending di Balikpapan