Menu

Mode Gelap
Indonesia Berhasil Kirim Bantuan ke Gaza via Pesawat Hercules C130 TNI AU H-1 Lebaran, 100.776 Kendaraan Tinggalkan Jakarta Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dijadwalkan Khatib Shalat Idulfitri di Anjungan City of Makassar  Lonjakan Pemudik Capai 56 Persen, Presiden Jokowi: Mudik Lebih Awal Gudang Amunisi Terbakar, Pangdam Jaya :  Bahan Peledak Sudah Kedaluwarsa 

BMKG · 8 Jun 2022 16:38 WITA

Breaking News: Gempa Magnitudo 5,8 Guncang Sulawesi Barat


 Breaking News: Gempa Magnitudo 5,8 Guncang Sulawesi Barat Perbesar

MAKASSAR — Kejadian dan Parameter Gempabumi:Hari Rabu 08 Juni 2022 pukul 12.32.36 WIB wilayah Pantai Barat Mamuju, Sulawesi Barat diguncang gempa tektonik.

Dihimpun dari informasi BMKG. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,8. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2,77° LS ; 118,56° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 26 Km arah Barat Tapalang Barat, Mamuju, Sulawesi Barat pada kedalaman 10 km.

Jenis dan Mekanisme Gempabumi: Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif di lepas pantai Mamuju. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser ( _strike-slip_ ).

*Dampak Gempabumi:*
Gempabumi ini berdampak kerusakan sejumlah bangunan di Mamuju dengan skala intensitas V MMI ( *Getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun* ), daerah Majene dengan skala intensitas IV MMI ( *Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah* ), daerah Pinrang dengan skala intensitas III MMI ( *Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu* ), daerah Palopo dengan skala intensitas II MMI ( *Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang* ), daerah Palu dengan skala intensitas II – III MMI ( *Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang* ), daerah Paser dengan skala intensitas II – III MMI ( *Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu* ), daerah Samarinda dengan skala intensitas II – III MMI ( *Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang* ), daerah Sidrap dengan skala intensitas II MMI ( *Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang* ), daerah Pangkep dengan skala intensitas II MMI ( *Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang* ), daerah Makassar dengan skala intensitas II MMI ( *Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang* ) dan daerah Masamba dengan skala intensitas II MMI ( *Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang* ). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini *TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI.*

*Gempabumi Susulan:*
Hingga pukul 13.25 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 (satu) aktivitas gempabumi susulan ( _aftershock_ ) dengan M2,8.

*Rekomendasi:*
Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. *Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.* Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.
Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.*
Jakarta, 08 Juni 2022
Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG
BAMBANG SETIYO PRAYITNO, M.Si

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Tim Kreatif

Baca Lainnya

BMKG: Berikut Prakiraan Cuaca Esok Hari 8 Februari Wilayah Sulsel dan Sekitarnya 

7 Februari 2024 - 17:02 WITA

Berikut Prakiraan Cuaca BMKG 9 Januari Wilayah Sulsel

8 Januari 2024 - 21:01 WITA

Berikut Prakiraan Cuaca 17 Oktober di Sulsel, Terjadi Hujan Ringan

16 Oktober 2023 - 14:52 WITA

BMKG: Berikut Prakiraan Cuaca Wilayah Sulsel 14 Oktober 2023

13 Oktober 2023 - 23:58 WITA

Update Cuaca 8 Oktober Versi BMKG Wilayah Sulsel 

8 Oktober 2022 - 01:59 WITA

Mau Kemana Esok Hari? Berikut Prakiraan Cuaca BMKG untuk Wilayah Sulsel

5 Oktober 2022 - 14:14 WITA

Trending di BMKG