Menu

Mode Gelap
Operasi Ketupat 2024 Berakhir, Korlantas Polri Hentikan One Way hingga Contra Flow Penggunaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Sulselrabar Meningkat  Presiden Gelar Ratas Bahas Dampak Geopolitik Timur Tengah terhadap Ekonomi Indonesia Indonesia Intensifkan Upaya Diplomasi, Dorong Deeskalasi Ketegangan di Timur Tengah Progres Rumah Menteri di IKN  Ditargetkan Rampung Juli 2024

News · 22 Jun 2022 17:43 WITA

Disdik Sulsel Sebut Provider Jamin Server PPDB Online Tidak Akan Dwon


 Disdik Sulsel Sebut Provider Jamin Server PPDB Online Tidak Akan Dwon Perbesar

MAKASSAR — Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sulawesi Selatan (Prov. Sulsel) menggelar jumpa pers di Ruang Dr. H. Syahrul Yasin Limpo Kompleks Kantor Disdik Prov. Sulsel, Rabu (22/6/2022). Pertemuan tersebut terkait dengan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Prov. Sulsel 2022 tingkat SMA jalur Boarding School dan SMK jalur afirmasi, perpindahan tugas orang tua atau wali, anak guru, anak DUDI, mitra SMK serta jalur prestasi non akademik yang dibuka tanggal 20-22 Juni 2022, di mana saat ini telah memasuki hari ketiga pendaftaran.

Dalam pertemuan tersebut, Sekretaris Disdik Prov. Sulsel yang juga Ketua Panitia PPDB Prov. Sulsel 2022, Harpansa menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Sulsel, khususnya kepada calon siswa dan wali calon siswa atas kendala yang muncul selama proses pendaftaran online.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya beberapa media memberitakan bahwa sejumlah calon siswa dan wali calon siswa mengaku kesulitan mengakses laman ppdb.sulselprov.go.id untuk pendaftaran online. Mulai dari tampilan laman yang aneh, data yang diinput berubah, sampai server down dikeluhkan oleh mereka saat akan mendaftar.

“Panitia provinsi selalu mengawal kegiatan ini dan memantau setiap saat. Kami sendiri selalu berada di posko induk atau di gedung guru yang kita jadikan sebagai pusat kegiatan PPDB tingkat provinsi. Kami selalu berada di situ memantau setiap perkembangan, seluruh permasalahan yang terjadi kita terima”, kata Harpansa.

Ia menambahkan, semua masukan tersebut telah dirangkum dan dievaluasi serta segera menghubungi penyedia layanan.

“Setiap saat kita melakukan kontak, baik via WA maupun melalui telepon, kemudian di malam hari kita melakukan zoom. Kita sudah sampaikan keluhan-keluhan ini dan kita dijanjikan untuk diperbaiki. Tadi mulai dari jam enam sampai jam delapan pagi kita kembali melakukan pertemuan secara virtual, kita diberikan jaminan bahwa InsyaAllah sudah bagus dan langsung disimulasikan di situ”, tambahnya.

Pihaknya juga akan tetap menjamin hak-hak masyarakat, khususnya calon peserta didik yang mengalami kendala saat mendaftar dengan memperpanjang masa pendaftaran hingga tanggal 24 Juni 2022 pukul 16.00.

Harpansa berharap semua proses dapat berjalan dengan baik sampai pada selesainya kegiatan PPDB.

Hal senada disampaikan Kasubag Umum Kepegawaian dan Hukum Disdik Prov. Sulsel Muhammad Hazairin. Ia menjelaskan, Disdik Prov. Sulsel dari awal sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menyiapkan pelaksanaan PPDB tersebut agar bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

“Segala persiapan itu sudah coba kami lakukan, termasuk sosialisasi. Kita sudah melakukan mapping dan identifikasi terkait dengan masalah-masalah di tahun sebelumnya. Tapi ternyata pada saat pelaksanaan di lapangan itu masih terdapat beberapa kendala, khususnya terkait dengan kendala teknis di aplikasi yang berjalan tidak sesempurna yang kita harapkan”, jelas Sekretaris Panitia PPDB Prov. Sulsel 2022 ini.

Lebih lanjut, Hazairin menyebut, pihaknya sangat terbuka dengan masukan-masukan yang ada.

“Komitmen kami di dalam pelaksanaan PPDB ini agar sampai pelaksanaannya betul-betul bisa berjalan sesuai harapan kita bersama. Di hari pertama dan kedua kami akui ada persoalan-persoalan, dan pagi ini saya lihat permasalahan-permasalahan yang muncul itu sudah teratasi”, lanjutnya.

Ia mengatakan, permasalahan-permasalahan yang muncul tersebut menjadi warning bagi Disdik Prov. Sulsel.

“Tentu akan kami kawal terus agar pihak penyedia layanan ini betul-betul melaksanakan tanggung jawabnya. Di PPDB hari ketiga ini baru 5 persen dari perjalanan kita, kita masih akan berhadapan dengan jalur zonasi SMA yang kuotanya lebih besar, kita masih akan berhadapan juga dengan jalur prestasi akademik SMK yang kuotanya itu hampir 70 persen. Tentu kita akan lebih bekerja keras lagi dan kita akan lebih mengawal agar betul-betul ini sesuai yang kita harapkan bersama”, pungkasnya. (**)

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Tim Kreatif

Baca Lainnya

Srikandi Tangguh PLN Lalui Segala Tantangan Wujudkan Listrik Berkeadilan di Sulselrabar

19 April 2024 - 19:49 WITA

Sambut Kajati Baru Sulsel, Pj Gubernur Bangun Perkenalan Lewat Temu Silaturahmi

19 April 2024 - 11:54 WITA

PJ Gubernur Sulsel Apresiasi Basarnas  dalam Penanganan Bencana 

19 April 2024 - 11:48 WITA

Awali Berkantor, Kajati Sulsel Gelar Halal Bihalal bersama Jajaran

18 April 2024 - 16:24 WITA

Alumni IKA 588 Tersebar di Seluruh Indonesia Hadir di Halal Bihalal

17 April 2024 - 22:58 WITA

Gelar Rapat Pengurus, IKA 588 Bakal Membuat Website Database Alumni

17 April 2024 - 17:29 WITA

Trending di News