Menu

Mode Gelap
Kapolri dan Ketum PSSI Bertemu, Pastikan Penyelenggaraan Piala Presiden Berjalan Aman dan Lancar Menhub Ungkap Progres Pembangunan Bandara di IKN, Di Laut Disediakan Pinisi Fase Pemulangan, 166 Ribu Jemaah Tiba di Tanah Air BPS Sebut Sulsel Mengalami Surplus Perdagangan Ekspor – Impor Sebesar 390,86 Juta Dollar Amerika  Kapolri Mutasi Ratusan Anggota Polri, Irjen Syahardiantono Jadi Kabaintelkam

News · 5 Okt 2022 19:15 WITA

Kukuhkan 2 Guru Besar UNM, Rektor: Mereka Profesor Berkualitas


 Kukuhkan 2 Guru Besar UNM, Rektor: Mereka Profesor Berkualitas Perbesar

MAKASSAR – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN Eng mengukuhkan dua profesor baru dalam sidang terbuka luar biasa yang bertempat di Ballroom Teater Lantai 3 Menara Pinisi UNM, Rabu 5 Oktober 2022.

Kedua profesor yang dikukuhkan tersebut, yaitu Prof. Dr. Ir. A. Muhammad Idkham, S.T., M.T., IPM sebagai profesor dalam bidang ilmu pendidikan teknik dan Prof. Yasser Abd Djawad, M.Sc., Ph.D sebagai profesor dalam bidang ilmu teknik informatika.

Rektor UNM Prof Husain Syam dalam sambutannya mengatakan bahwa pencapaian sebagai profesor bukanlah hal yang mudah. Untuk menjadi seorang profesor harus bekerja keras dan bekerja cerdas, serta memiliki kecintaan tinggi terhadap bidang yang ditekuni.

“Hasil dari apa yang kita dengarkan adalah pemikiran yang sungguh luar biasa dan penuh tanggung jawab ilmiah, dan itu sudah menggambarkan dari identitas diri masing-masing. Semua telah diurai dengan baik oleh kedua profesor kita hari ini,” ujar Prof Husain Syam.

Menurutnya, apa yang disampaikan oleh Prof Muhammad Idkham dalam orasi pengukuhannya adalah sebuah hasil penelitian yang sangat berkualitas dalam bidang ilmu yang digeluti.

“Betapa ilmu elektronika sangat penting perannya dalam dunia kesehatan dan segala penelitian yang telah dilakukan sudah mencapai rekomendasi yang diberikan Bakan sangat penting adanya dalam dunia kesehatan masyarakat,” terang guru besar di bidang pertanian ini.

Sementara itu, Prof Husain Syam juga mengapresiasi hasil penelitian yang disampaikan oleh Prof Yasse Abd Djawad. Ia menilai Prof Yasser menunjukkan kualitas keilmuan yang bagus.

“Jadi apa yang dimiliki oleh beliau dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi peneliti lain dalam memberikan sumbangsih ditengah masyarakat,” ucap Rektor UNM dua periode ini.

“Guru besar sebetulnya adalah dambaan bagi perguruan tinggi, mereka telah mencoba berproses sedemikian panjang dalam menuntaskan penelitiannya. Kiranya bisa memberikan inspirasi kepada teman-teman yang lain dalam berproses menuju profesor,” tambahnya.

Dalam orasi ilmiahnya, Prof Muhammad Idkham memaparkan “Imployability Skills Mahasiswa Dalam Era Revolusi Industri 4.0”. Sedangkan Prof Yasser Abd Djawad memaparkan orasi dengan judul “Peran Ilmu Elektronika dan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat”.

Dengan bertambahnya dua guru besar dari bidang ilmu pendidikan teknik dan ilmu teknik informatika yang baru saja dikukuhkan, kini UNM telah memiliki sebanyak 102 guru besar yang aktif, (**).

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Tim Kreatif

Baca Lainnya

Buka Sosialisasi Dashat Kampung KB, Pj. Bupati Luwu Optimis Turunkan Angka Stunting

15 Juli 2024 - 21:30 WITA

Lewat Virtual, Sekretariat DPRD Sulsel Ikut Apel Pagi bareng Gubernur 

15 Juli 2024 - 14:51 WITA

Kapolda Sulsel Pimpin Apel Gelar Pasukan Patuh Pallawa 2024

15 Juli 2024 - 14:47 WITA

PJU Polres Gowa Rapat Evaluasi “Beautiful Malino” 2024 

15 Juli 2024 - 13:58 WITA

Pertama di SULSELRABAR, Kelurahan Bonto Lebang Gunakan Energi Bersih melalui REC dari PLN

15 Juli 2024 - 12:45 WITA

Karantina Tahfizh Nasional DI Diminati Hingga Kancah Internasional

13 Juli 2024 - 20:54 WITA

Trending di News