Menu

Mode Gelap
Operasi Ketupat 2024 Berakhir, Korlantas Polri Hentikan One Way hingga Contra Flow Penggunaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Sulselrabar Meningkat  Presiden Gelar Ratas Bahas Dampak Geopolitik Timur Tengah terhadap Ekonomi Indonesia Indonesia Intensifkan Upaya Diplomasi, Dorong Deeskalasi Ketegangan di Timur Tengah Progres Rumah Menteri di IKN  Ditargetkan Rampung Juli 2024

News · 7 Okt 2022 03:33 WITA

Diskominfo Makassar Gelar FGD, Maksimalkan Perlindungan Siber


 Diskominfo Makassar Gelar FGD, Maksimalkan Perlindungan Siber Perbesar

MAKASSAR,— Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar menggelar Forum Group Discussion Penyusunan Pedoman Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) di Aston Hotel Makassar, Kamis (6/10/2022).

Kegiatan ini dibuka Staf Ahli Wali Kota Bidang I Pemkot Makassar, Andi Irwan Bangsawan, dan dihadiri OPD lingkup Pemkot Makassar.

Dalam pemaparannya, Andi Irwan Bangsawan menyebut kemajuan teknologi informasi dan komunikasi memiliki manfaat yang sangat besar dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik.

Di sisi lain, kata Andi Irwan, terdapat ancaman yang dapat mengganggu keamanan informasi dan bersifat merusak atau merugikan.

“Kerusakan terjadi tidak hanya merubah konfigurasi sistem komputer ataupun informasi yang disimpan seperti yang biasanya dialami saat terkena virus, tapi juga perilaku peretasan,” ungkap Andi Irwan.

Aksi peretasan, lanjut Andi Irwan Bangsawan, mengarah ke pelanggaran privasi dan pencurian informasi bahkan ada yang berorientasi profit.

Selain ancaman tersebut, ada juga potensi ancaman terhadap informasi yakni ketika terjadi hal yang tidak diinginkan. Andi Irwan Bangsawan mencontohkan peristiwa bencana alam atau kesalahan teknis.

“Banjir, kebakaran, gempa bumi maupun ancaman kegagalan teknis seperti kesalahan penggunaan kegagalan perangkat keras/lunak yang dapat menyebabkan hilangnya data, merusak perangkat TIK serta menghambat layanan informasi,” jelasnya.

Untuk itu penyusunan pedoman SMKI oleh Diskominfo Makassar dinilai sangat penting untuk meminimalisir dampak dari ancaman yang mengganggu keamanan informasi.

“Suatu kebanggaan kita bersama bahwa Diskominfo dapat melaksanakan suatu kegiatan untuk mendukung penyusunan Dokumen SMKI, jadi saya ajak kita semua untuk berembuk menyusunnya,” tutupnya, (**).

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Tim Kreatif

Baca Lainnya

Srikandi Tangguh PLN Lalui Segala Tantangan Wujudkan Listrik Berkeadilan di Sulselrabar

19 April 2024 - 19:49 WITA

Sambut Kajati Baru Sulsel, Pj Gubernur Bangun Perkenalan Lewat Temu Silaturahmi

19 April 2024 - 11:54 WITA

PJ Gubernur Sulsel Apresiasi Basarnas  dalam Penanganan Bencana 

19 April 2024 - 11:48 WITA

Awali Berkantor, Kajati Sulsel Gelar Halal Bihalal bersama Jajaran

18 April 2024 - 16:24 WITA

Alumni IKA 588 Tersebar di Seluruh Indonesia Hadir di Halal Bihalal

17 April 2024 - 22:58 WITA

Gelar Rapat Pengurus, IKA 588 Bakal Membuat Website Database Alumni

17 April 2024 - 17:29 WITA

Trending di News