Menu

Mode Gelap
Operasi Ketupat 2024 Berakhir, Korlantas Polri Hentikan One Way hingga Contra Flow Penggunaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Sulselrabar Meningkat  Presiden Gelar Ratas Bahas Dampak Geopolitik Timur Tengah terhadap Ekonomi Indonesia Indonesia Intensifkan Upaya Diplomasi, Dorong Deeskalasi Ketegangan di Timur Tengah Progres Rumah Menteri di IKN  Ditargetkan Rampung Juli 2024

News · 13 Okt 2022 15:03 WITA

Secara Bertahap, Walikota Makassar Serahkan 53 Unit Damtor untuk 15 Kecamatan 


 Secara Bertahap, Walikota Makassar Serahkan 53 Unit Damtor untuk 15 Kecamatan  Perbesar

MAKASSAR— Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menyerahkan 53 unit Pemadam Kebakaran Motor (Damtor) kepada 15 camat se Kota Makassar, di Mako Damkar Kota Makassar, Kamis (13/10/2022).

Damtor ini disebut sebagai bagian dari sistem penanggulangan kebakaran. Mulai dari Pemadam Kebakaran Lorong (Peka Rong) bertindak sebagai stasiun kemudian Damtor dan tim Pemadam Kebakaran yang nantinya bergerak di lapangan.

Kata Danny, di dalam ilmu memadamkan api ada waktu emas yakni empat menit awal yang menjadi penentuan kebakaran itu bisa menjadi besar atau tidak. Memakan banyak korban atau tidak.

Karenanya, Damtor ini dihadirkan sebagai alternatif pertolongan pertama dalam mengantisipasi ruang-ruang sempit di Lorong jika terjadi kebakaran.

Sistemnya sendiri jika terjadi kebakaran Damtor ini dengan sigap melaju lebih dahulu untuk memadamkan api sambil menunggu tim Damkar tiba juga di lokasi.

Danny juga berencana menyiapkan selimut api dan melengkapi Peka Rong dengan tangki dan pompa air di seluruh Lorong Wisata.

“Sistem yang kami rancang ini hasil dari analisis teman-teman Damkar. Kita sebar Damtor di setiap kelurahan dan setiap Lorong Wisata ada Peka Lorongnya dengan kelengkapan Selimut api. Jadi api di ruang sempit akan diantisipasi lewat Peka Lorong dan langsung dibantu oleh Damtor,” ucap Danny.

Untuk pengoperasian Damtor, Danny melibatkan relawan-relawan Damkar yang berasal dari Batalyon 120 yang sudah terbina agar mereka bisa berdaya guna memaksimalkan energinya dalam menjaga kota ini.

“Sementara dilatih mereka, tugasnya membantu Peka Rong yang ada di Damtor memadamkan api awal dan membantu petugas Damkar jika sudah datang,” sebutnya.

Sementara, Kepala Dinas Kebakaran Kota Makassar, Hasanuddin mengungkapkan total Damtor yang akan disalurkan sebanyak 153 unit sesuai dengan jumlah kelurahan yang ada di Kota Makassar.

Untuk tahun ini Damtor disalurkan sebanyak 53 unit dan tahun depan akan segera ditambah 100 unit.

“Jadi insyaAllah tahun depan sudah tersalurkan semua 153 unit dan pengoperasiannya ini akan dilakukan sama anggota Batalyon 120 yang mendaftar menjadi relawan Damkar sebanyak 306 orang dan kami latih,”tuturnya.

Ia juga mengungkapkan jika kapasitas air untuk satu unit Damtor yakni 1 kubik atau 1.000 liter air dengan jangkauan radius lebih dari 200 meter.

(Baso/**)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Tim Kreatif

Baca Lainnya

Penggunaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Sulselrabar Meningkat 

16 April 2024 - 19:34 WITA

Apel Pagi Pasca Libur Lebaran, Pj Sekda Sampaikan Belasungkawa Bencana Toraja dan Luwu

16 April 2024 - 19:14 WITA

Halal Bihalal IKAFE UNHAS Lebih Tersebar dan Kreatif 

16 April 2024 - 15:02 WITA

Ibu dan Anak Korban Longsor di Tana Toraja 

16 April 2024 - 08:31 WITA

PJ Gubernur Sulsel Tinjau Kondisi Longsor Tana Toraja

16 April 2024 - 08:22 WITA

Catat Tanggalnya! IKA 588 Bakal Menggelar Halal Bihalal di Vasaka Hotel

13 April 2024 - 09:09 WITA

Trending di News