Menu

Mode Gelap
Muhammadiyah tetapkan 1 Ramadhan 1445H pada 11 Maret BREAKING NEWS: Ribuan Personel Gabungan Disiapkan Amankan Debat Pilpres Cerita Warga Manado Senang Bisa Berswafoto dengan Presiden  Polda Sulsel Gagalkan Peredaran 21 Kg Ganja, 98 Kg Sabu, 20 Ribu Butir Ekstasi Pj Gubernur Papua Terkena Lemparan Batu

News · 6 Jul 2023 09:19 WITA

Bupati Sidrap Himbau warga Bagi Daging Kurban Tidak gunakan Kantong Plastik


 Bupati Sidrap Himbau warga Bagi Daging Kurban Tidak gunakan Kantong Plastik Perbesar

MM, SIDRAP — Momen Iduladha 1444 Hijriah ditandai terbitnya Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, tentang Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha Tanpa Sampah Plastik tanggal 21 Juni 2023.

Surat edaran ini dindaklanjuti seluruh daerah di tanah air, tak terkecuali di Kabupaten Sidrap, Provinsi Sulawesi Selatan. Bupati Sidrap, H. Dollah Mando menerbitkan Surat Edaran  tertanggal 24 Juni 2023 tentang Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha Tanpa Sampah Plastik di Kabupaten Sidrap.

Surat edaran ini ditujukan kepada para kepala SKPD, pimpinan instansi vertikal, camat, kepala desa, lurah, serta pengurus/panitia masjid dalam wilayah Kabupaten Sidrap.

Dollah Mando mengimbau agar pembagian daging kurban tidak menggunakan kantong plastik. “Mengimbau masyarakat untuk membawa wadah sendiri yang dapat dipakai ulang untuk mewadahi pembagian daging kurban,” demikian bunyi edaran itu.

Disebutkan lebih jauh, kantong plastik sebagai wadah daging kurban agar diganti daun pisang atau daun jati, wadah anyaman bambu (besek) atau wadah lain yang dapat diguna ulang, atau dapat dikomposkan dan tidak menimbulkan sampah plastik.

Selanjutnya diharapkan menyediakan sarana dan prasarana pengelolaan sampah seperti tempat sampah terpilah dan alat pengumpul sampah terpilah, serta melaksanakan pengumpulan dan pengangkutan sampah di lokasi salat Iduladha dan pembagian daging kurban.

Sekaitan hal tersebut, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sidrap mengunjungi sejumlah lokasi pembagian daging kurban, Kamis (29/6/2023) lalu. Mereka mengedukasi dan mengajak warga untuk tidak menimbulkan sampah plastik.

Kadis Lingkungan Hidup Sidrap, Andi Faisal Ranggong menyebut, kegiatan itu untuk memperkuat komitmen dan peran aktif pemerintah daerah dalam melaksanakan pengurangan dan penanganan sampah. Sekaligus memperkuat partisipasi publik dalam pengurangan sampah melalui pelaksanaan Iduladha tanpa plastik.

“Makanya dipandang perlu mendorong pembangian daging kurban tanpa kantong plastik dan menggunakan wadah selain plastik yang lebih mudah dikelola sampahnya,” pungkasnya, (Redaksi/**).

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Tim Kreatif

Baca Lainnya

Presiden Jokowi Resmikan Makassar New Port: Terbesar setelah Tanjung Priok

22 Februari 2024 - 15:22 WITA

Mengisi Kemeriahan Hari Jadi ke-52, Basarnas Makassar Gelar Donor Darah

22 Februari 2024 - 15:08 WITA

Berkas Kasus Situs Judi Online ‘SBOTOP’ Dinyatakan Lengkap

22 Februari 2024 - 15:03 WITA

Buronan Tersangka Kasus Dana Desa di Polewali Mandar Diringkus Tim Tabur Kejaksaan 

22 Februari 2024 - 14:57 WITA

PJ Gubernur Sulsel Lantik Dua PJ Bupati 

21 Februari 2024 - 19:47 WITA

Hadi Tjahjanto dan Agus Harimurti Dilantik jadi Menteri

21 Februari 2024 - 13:48 WITA

Trending di News