Menu

Mode Gelap
Muhammadiyah tetapkan 1 Ramadhan 1445H pada 11 Maret BREAKING NEWS: Ribuan Personel Gabungan Disiapkan Amankan Debat Pilpres Cerita Warga Manado Senang Bisa Berswafoto dengan Presiden  Polda Sulsel Gagalkan Peredaran 21 Kg Ganja, 98 Kg Sabu, 20 Ribu Butir Ekstasi Pj Gubernur Papua Terkena Lemparan Batu

News · 24 Agu 2023 01:17 WITA

Jembatan Lama Pacongkang Rawan Roboh, Sudirman: Dulu kalau lewat bunyi-bunyi


 Jembatan Lama Pacongkang Rawan Roboh, Sudirman: Dulu kalau lewat bunyi-bunyi Perbesar

MM,Soppeng —  Pembangunan Jembatan Pacongkang di Kabupaten Soppeng menjadi salah satu prioritas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman melalui Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sulawesi Selatan dan telah diresmikan pada Rabu, 23 Agustus 2023.

Dengan jembatan baru ini akan menggantikan jembatan gantung kayu yang sudah dibangun sejak 30 tahun lalu atau tepatnya pada tahun 1993. Sehingga tidak aman lagi digunakan masyarakat.

Terlebih jembatan lama itu, kondisi sempit, sehingga kendaraan yang lewat harus satu persatu dari satu arah.

Gubernur Andi Sudirman Sulaiman sendiri punya pengalaman mengakses jembatan ini saat menjabat wakil gubernur.

“Saya masih wakil gubernur dulu, saya minta ini dianggarkan, kenapa karena saya pernah lewati jalan di sebelah itu (jembatan lama), agak mengerikan sedikit karena sudah bunyi-bunyi besinya. Saya lewat, saya minta saya yang terlebih dulu lewat dan tidak bersamaan, setelah lewat baru saya minta yang dibelakang lewat. Dulu kalau lewat bunyi-bunyi,” tuturnya.

Adapun jembatan baru dengan struktur jembatan dengan rangka baja pelengkung. Dengan panjang bentangan pada bagian tengah 128 meter, bentang kiri kanan masing-masing 25 meter. atau total bentang sepanjang 180 meter, dan lebar 7 meter, beserta dukungan trotoar kiri dan kanan masing-masing 1 meter. Jembatan ini adalah jabatan pelengkung baja terpanjang di Sulsel.

Warga di daerah sekitar sendiri mengaku bersyukur hadirnya jembatan ini, karena jembatan lama dinilai beresiko dan rawan roboh.

“Kami berterima kasih ke Bapak Gubernur Andi Sudirman Sulaiman, dulunya sangat memperihatinkan. Sekarang sudah cantik dan bisa digunakan masyarakat antara kecamatan,” sebut Tammase.(**)

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Tim Kreatif

Baca Lainnya

Presiden Jokowi Resmikan Makassar New Port: Terbesar setelah Tanjung Priok

22 Februari 2024 - 15:22 WITA

Mengisi Kemeriahan Hari Jadi ke-52, Basarnas Makassar Gelar Donor Darah

22 Februari 2024 - 15:08 WITA

Berkas Kasus Situs Judi Online ‘SBOTOP’ Dinyatakan Lengkap

22 Februari 2024 - 15:03 WITA

Buronan Tersangka Kasus Dana Desa di Polewali Mandar Diringkus Tim Tabur Kejaksaan 

22 Februari 2024 - 14:57 WITA

PJ Gubernur Sulsel Lantik Dua PJ Bupati 

21 Februari 2024 - 19:47 WITA

Hadi Tjahjanto dan Agus Harimurti Dilantik jadi Menteri

21 Februari 2024 - 13:48 WITA

Trending di News