Menu

Mode Gelap
Muhammadiyah tetapkan 1 Ramadhan 1445H pada 11 Maret BREAKING NEWS: Ribuan Personel Gabungan Disiapkan Amankan Debat Pilpres Cerita Warga Manado Senang Bisa Berswafoto dengan Presiden  Polda Sulsel Gagalkan Peredaran 21 Kg Ganja, 98 Kg Sabu, 20 Ribu Butir Ekstasi Pj Gubernur Papua Terkena Lemparan Batu

News · 29 Agu 2023 20:22 WITA

Bimtek Pembinaan dan Pengawasan BUMDes 2023: Optimalisasi Potensi Usaha Ekonomi untuk Kemajuan Desa


 Bimtek Pembinaan dan Pengawasan BUMDes 2023: Optimalisasi Potensi Usaha Ekonomi untuk Kemajuan Desa Perbesar

Makassar, Metromilenial  — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembinaan dan Pengawasan Pengaturan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), di Hotel Melia Makassar, Rabu hingga Jumat, 23-25 Agustus.

Fokus dari kegiatan Bimtek ini adalah untuk meningkatan kapasitas aparat desa dan pengurus dalam pengelolaan BUMDes sesuai petunjuk dan aturan yang ada sehingga mampu meminimalisir penyimpangan di dalamnya.

Adapun narasumber yang memberikan materi pada Bimtek BUMDes ini terdiri dari Pejabat Kejaksaan Tinggi Sulsel, Pejabat dari Kepolisian Daerah Sulsel, Pejabat dari Balai Pelatihan Kemendes, PDTT di Makassar dan Pejabat dari Dinas PMD Provinsi Sulawesi Selatan.

Pengembangan basis ekonomi di pedesaan sudah sejak lama dijalankan oleh pemerintah dengan berbagai program pemberdayaan masyarakat yang berfokus pada peningkatan usaha ekonomi desa yaitu salah satunya dengan membentuk BUMDes.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sulawesi Selatan, Drs. H. Muh Saleh, M.Si. dalam sambutannya menuturkan bahwa BUMDes memiliki potensi untuk meningkatkan pendapatan asli desa secara signifikan, serta turut berkontribusi dalam menggerakkan roda ekonomi lokal.

“BUMDes yang ada di desa bisa menjadi lembaga ANDALAN dalam melayani kebutuhan ekonomi masyarakat  dengan menggali dan memanfaatkan potensi usaha ekonomi desa untuk meningkatkan pendapatan asli desa,” tuturnya.

Rangkaian kegiatan Bimtek ini mengundang sejumlah peserta yang memiliki peran krusial dalam penguatan BUMDes. Para peserta yang mendapat undangan melibatkan Aparat Desa, Pengurus BUMDes, dan Pejabat Dinas PMD yang memiliki tanggung jawab terkait.

Hal ini sejalan dengan yang disampaikan oleh Ketua Panitia Penyelenggara Bimtek dalam hal ini Kepala Bidang Pembangunan dan Usaha Ekonomi Desa Dinas PMD Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. Andy, M.Si.

Ia mengatakan bahwa keikutsertaan peserta dalam kegiatan ini melibatkan dua wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Jeneponto dan Kabupaten Pangkep. Dengan melibatkan perwakilan dari kedua kabupaten tersebut, diharapkan Bimtek dapat memberikan pemahaman yang komprehensif serta sinergi dalam mengembangkan peran BUMDes untuk kemajuan ekonomi desa.

“Peserta yang diundang untuk mengikuti Bimtek ini adalah Aparat Desa, Pengurus BUMDes dan Pejabat Dinas PMD yang menangani BUMDes dari 2 (dua) Kabupaten yaitu Kabupaten Jeneponto dan Kabupaten Pangkep,” kata Andy. (MM/**)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Tim Kreatif

Baca Lainnya

Presiden Jokowi Resmikan Makassar New Port: Terbesar setelah Tanjung Priok

22 Februari 2024 - 15:22 WITA

Mengisi Kemeriahan Hari Jadi ke-52, Basarnas Makassar Gelar Donor Darah

22 Februari 2024 - 15:08 WITA

Berkas Kasus Situs Judi Online ‘SBOTOP’ Dinyatakan Lengkap

22 Februari 2024 - 15:03 WITA

Buronan Tersangka Kasus Dana Desa di Polewali Mandar Diringkus Tim Tabur Kejaksaan 

22 Februari 2024 - 14:57 WITA

PJ Gubernur Sulsel Lantik Dua PJ Bupati 

21 Februari 2024 - 19:47 WITA

Hadi Tjahjanto dan Agus Harimurti Dilantik jadi Menteri

21 Februari 2024 - 13:48 WITA

Trending di News