Menu

Mode Gelap
Muhammadiyah tetapkan 1 Ramadhan 1445H pada 11 Maret BREAKING NEWS: Ribuan Personel Gabungan Disiapkan Amankan Debat Pilpres Cerita Warga Manado Senang Bisa Berswafoto dengan Presiden  Polda Sulsel Gagalkan Peredaran 21 Kg Ganja, 98 Kg Sabu, 20 Ribu Butir Ekstasi Pj Gubernur Papua Terkena Lemparan Batu

News · 10 Sep 2023 00:23 WITA

Gempabumi M6,3 Guncang Donggala Sulteng, Tidak Berpotensi Tsunami


 Gempabumi M6,3 Guncang Donggala Sulteng, Tidak Berpotensi Tsunami Perbesar

MM,SULTENG — Kejadian dan Parameter Gempabumi Hari Sabtu 09 September 2023 pukul 21.43.24 WIB wilayah Donggala, Sulawesi Tengah diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,1. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,02° LU ; 119,77° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 49 km barat laut Donggala, Sulawesi Tengah pada kedalaman 20 km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Dr. Daryono, mengatakan  Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Palu Koro. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser.

” Gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Donggala dengan skala intensitas V-VI MMI Getaran dirasakan oleh semua penduduk. Kebanyakan semua terkejut dan lari keluar, daerah Palu dengan skala intensitas IV MMI  Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, daerah Poso, Sigi, dan Tolitoli dengan skala intensitas III MMI,”katanya, melalui siaran pers yang diterima  redaksi metromilenial.

Lanjutnya, Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu, daerah Pohuwatu, Kab. Gorontalo dan Samarinda dengan skala intensitas II-III MMI Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu , daerah Kota Gorontalo dengan skala intensitas II MMI .Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan daerah Kutai Timur dengan skala intensitas I-II MMI, Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI .

” Gempabumi Susulan
Hingga pukul 22.25 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan,”ungkapnya.

Olehnya itu, Kata Daryono, Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg..

(Redaksi/**).

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Tim Kreatif

Baca Lainnya

Raker, Milad & Temu Alumni STIMI-YAPMI Makassar

25 Februari 2024 - 13:57 WITA

IKA 588 Distribusikan Puluhan Al-Qur’an di Pinrang

24 Februari 2024 - 21:07 WITA

Lagi, MAC Tebar Kemanfaatan di Musollah Jakarta Barat

24 Februari 2024 - 20:12 WITA

Partai Demokrat dan Perindo, Menguat ke Koalisi Pilkada Buol 2024

23 Februari 2024 - 15:46 WITA

Presiden Jokowi Resmikan Makassar New Port: Terbesar setelah Tanjung Priok

22 Februari 2024 - 15:22 WITA

Mengisi Kemeriahan Hari Jadi ke-52, Basarnas Makassar Gelar Donor Darah

22 Februari 2024 - 15:08 WITA

Trending di News