Menu

Mode Gelap
Muhammadiyah tetapkan 1 Ramadhan 1445H pada 11 Maret BREAKING NEWS: Ribuan Personel Gabungan Disiapkan Amankan Debat Pilpres Cerita Warga Manado Senang Bisa Berswafoto dengan Presiden  Polda Sulsel Gagalkan Peredaran 21 Kg Ganja, 98 Kg Sabu, 20 Ribu Butir Ekstasi Pj Gubernur Papua Terkena Lemparan Batu

News · 27 Sep 2023 07:44 WITA

Hadiri Peringatan Hantaru, Kepala BPN Sulsel Apresiasi Kepedulian Pj Gubernur Bahtiar


 Hadiri Peringatan Hantaru, Kepala BPN Sulsel Apresiasi Kepedulian Pj Gubernur Bahtiar Perbesar

BONE, MM — Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) dalam rangka HUT Undang-Undang Pokok Agraria Ke-63, dipusatkan di Lapangan Merdeka, Kota Watampone, Kabupaten Bone, Senin, 25 September 2023.

Mengangkat tema Kinerja dan Kolaborasi untuk Indonesia Maju, upacara peringatan Hantaru ini diikuti oleh 1.500an peserta se-Kanwil Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Provinsi Sulsel.

Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Sulsel, Tri Wibisono, mengapresiasi kehadiran dan kepedulian Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, yang hadir langsung menjadi Inspektur Upacara (Irup).

“Kami atas nama Kanwil dan Kantor Pertanahan Se-Sulsel menghaturkan terima kasih yang tak terhingga. Ini menjadi kehormatan bagi kami,” kata Tri Wibisono.

“Bapak Gubernur berkenan hadir dan menjadi inspektur upacara serta menyerahkan sertifikat dalam rangka Peringatan Hantaru 2023, mohon maaf jika terdapat kekurangan dalam pelaksanaannya,” ucapnya.

Sementara, Pj Gubernur Bahtiar yang membacakan sambutan dari Menteri ATR/Kepala BPN, menyampaikan beberapa poin. Diantaranya, telah didaftarkan sebanyak 107,1 bidang tanah dari target 126 juta, akselarasi program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), dukungan pembangunan IKN dan percepatan realisasi target Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).

Serta sinergi penyelesaian sengketa dan konflik pertanahan, sinergi dan kolaborasi 4 (empat) pilar antara Kementerian ATR/BPN dengan Pemerintah Daerah, Aparat Penegak Hukum (APH) dan Badan Peradilan sebagai kunci dapat menyelesaikan permaslahan tanah dengan baik.

“Ini merupakan kinerja dan kolaborasi untuk Indonesia maju. Sebagaimana tema Hantaru saat ini,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan beberapa kasus yang melibatkan oknum mafia tanah seperti Eks Kebun Binatang di Kota Makassar, merupakan bukti keseriusan Kementerian ATR/BNP dalam memberantas mafia tanah.

“Kita harapkan ini memberikan kontribusi terhadap kemajuan di Sulsel,” harapnya.

Sedangkan Bahtiar usai upacara menyampaikan apresiasi ATR/BNP yang telah bekerja keras selama 63 tahun dalam upaya mengawal aset negara berupa tanah.

“Hari ini yang paling berbahagia adalah kawan-kawan kita yang bekerja di ATR/BPN seluruh Indonesia. Kita ucapkan selamat ulang tahun. Usia yang sangat panjang telah mengabdi untuk negeri kita,” sebutnya.

Ia juga menyerahkan sertifikat dan piagam penghargaan dalam kegiatan retribusi tanah, pembebasan atau keringanan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) kepada kepala daerah di Sulsel.

Pj Gubernur juga menyerahkan penerbitan sertipikat kegiatan 2023 yang telah diterbitkan berupa Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) secara simbolis untuk 30.337 sertipikat.

Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Sulawesi Selatan Tri Wibisono menyerahkan cenderamata berupa plakat kepada Bahtiar dan juga Bupati Bone, Andi Fashar Padjalangi.(**)

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Tim Kreatif

Baca Lainnya

Presiden Jokowi Resmikan Makassar New Port: Terbesar setelah Tanjung Priok

22 Februari 2024 - 15:22 WITA

Mengisi Kemeriahan Hari Jadi ke-52, Basarnas Makassar Gelar Donor Darah

22 Februari 2024 - 15:08 WITA

Berkas Kasus Situs Judi Online ‘SBOTOP’ Dinyatakan Lengkap

22 Februari 2024 - 15:03 WITA

Buronan Tersangka Kasus Dana Desa di Polewali Mandar Diringkus Tim Tabur Kejaksaan 

22 Februari 2024 - 14:57 WITA

PJ Gubernur Sulsel Lantik Dua PJ Bupati 

21 Februari 2024 - 19:47 WITA

Hadi Tjahjanto dan Agus Harimurti Dilantik jadi Menteri

21 Februari 2024 - 13:48 WITA

Trending di News