Menu

Mode Gelap
Muhammadiyah tetapkan 1 Ramadhan 1445H pada 11 Maret BREAKING NEWS: Ribuan Personel Gabungan Disiapkan Amankan Debat Pilpres Cerita Warga Manado Senang Bisa Berswafoto dengan Presiden  Polda Sulsel Gagalkan Peredaran 21 Kg Ganja, 98 Kg Sabu, 20 Ribu Butir Ekstasi Pj Gubernur Papua Terkena Lemparan Batu

News · 17 Okt 2023 19:38 WITA

Pemprov Sulsel Lepas Ekspor Rp1,64 Triliun Produk Unggulan ke 29 Negara 


 Pemprov Sulsel Lepas Ekspor Rp1,64 Triliun Produk Unggulan ke 29 Negara  Perbesar

MM, MAKASSAR —  Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, melepas ekspor sejumlah komoditi unggulan asal Sulsel dengan nilai ekspor Rp1,64 triliun, di Pelabuhan Petikemas, Makassar, Selasa, 17 Oktober 2023. Produk unggulan tersebut diekspor ke 29 negara tujuan, terutama ke Shanghai China.

Khusus untuk Shanghai China merupakan ekspor langsung, tanpa melalui Pelabuhan Surabaya.

“Kita melakukan pelepasan ekspor dari Makassar langsung ke Shanghai China dan beberapa negara lainnya. Lebih spesifik hari ini kita lepas dari Makassar langsung Sanghai China,” ucap Bahtiar kepada awak media, usai seremony pelepasan ekspor.

Ia mendorong, selain menambah volume ekspor, juga harus mengubah jalur pengiriman barang agar tidak lagi melalui Surabaya. Kenapa harus langsung ke negara tujuan, agar biaya pengiriman tidak tinggi.

Lebih jauh Bahtiar mengatakan, pelabuhan peti kemas kalau ingin maju, harus ada inovasi-inovasi baru. Pasalnya, masih belum maksimal perputaran kapal barang di pelabuhan tersebut.

Apalagi, sejauh ini dari berbagai daerah di Indonesia bagian timur selalu saja langsung ke Surabaya. “Harusnya semua mampir ke Makassar dulu. Jadi negara atau daerah itu bisa berkembang kalau ada keluar masuk barang di pelabuhan,” tuturnya.

Makassar, kata Bahtiar, adalah pusat perdagangan Indonesia bagian timur. Namun, masih belum fokus sebagai daerah pusat perdagangan, seperti daerah lainnya.

Sementara, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulsel,  Ahmadi Akil, melaporkan, pelepasan ekspor ini diikuti 81 eksportir, dengan 37 komoditas dan 29 negara tujuan ekspor. Volume ekspor 58,25 ton, senilai Rp1,64 triliun.

Pada acara pelepasan ekspor tersebut, hadir eksportir PT Huadi Nickel Alloy Indonesia, PT Mega Cipta Karya, PT. Bintang Mas Sporotindo dan sejumlah perusahaan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Ahmadi Akil menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pj Gubernur Sulsel, yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ekspor produk Sulsel ke pasar global dengan tujuan Sanghai China secara langsung.

“Harapan kami, ekspor itu tidak lagi melalui Surabaya, dan semua bisa langsung ke negara tujuan,” pungkasnya. (**)

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Tim Kreatif

Baca Lainnya

Presiden Jokowi Resmikan Makassar New Port: Terbesar setelah Tanjung Priok

22 Februari 2024 - 15:22 WITA

Mengisi Kemeriahan Hari Jadi ke-52, Basarnas Makassar Gelar Donor Darah

22 Februari 2024 - 15:08 WITA

Berkas Kasus Situs Judi Online ‘SBOTOP’ Dinyatakan Lengkap

22 Februari 2024 - 15:03 WITA

Buronan Tersangka Kasus Dana Desa di Polewali Mandar Diringkus Tim Tabur Kejaksaan 

22 Februari 2024 - 14:57 WITA

PJ Gubernur Sulsel Lantik Dua PJ Bupati 

21 Februari 2024 - 19:47 WITA

Hadi Tjahjanto dan Agus Harimurti Dilantik jadi Menteri

21 Februari 2024 - 13:48 WITA

Trending di News