Menu

Mode Gelap
Muhammadiyah tetapkan 1 Ramadhan 1445H pada 11 Maret BREAKING NEWS: Ribuan Personel Gabungan Disiapkan Amankan Debat Pilpres Cerita Warga Manado Senang Bisa Berswafoto dengan Presiden  Polda Sulsel Gagalkan Peredaran 21 Kg Ganja, 98 Kg Sabu, 20 Ribu Butir Ekstasi Pj Gubernur Papua Terkena Lemparan Batu

News · 6 Nov 2023 22:42 WITA

Ini Pesan Idris Kadir ke Mahasiswi UIN Saat Sosialisasi Bahaya Narkoba 


 Ini Pesan Idris Kadir ke Mahasiswi UIN Saat Sosialisasi Bahaya Narkoba  Perbesar

MM,MAKASSAR —Peredaran dan penyalahgunaan narkotika masih menjadi momok di kalangan anak muda saat ini. Betapa tidak, Indonesia bahkan masih menjadi negara tertinggi ketiga di Asia untuk tingkat penyalahgunaan barang haram ini.

“Saya berpesan kepada mahasiswi, nanti jika kalian mau menikah usahakan minta surat bebas narkoba kepada calon suamimu. Supaya kalian bisa terbebas dari lingkaran narkoba,” ujar Brigjen Pol (Purn) Drs, Idris Kadir, SH, M.Hum yang merupakan mantan Kepala BNNP Sulsel saat menyampaikan sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba di hadapan mahasiswa baru (maba) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM), Senin (6/11/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan di ruangan Lt Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UINAM, ini dihadiri sekira 200 mahasiswa. Para mahasiswa sangat antusias mengikuti pemaparan purnawirawan Jenderal Bintang satu ini.

Disampaikan Idris Kadir, banyak orang yang menyalahgunakan narkoba karena faktor lingkungan dan juga faktor keluarga. Olehnya itu, sambungnya, perhatian dari keluarga merupakan salah satu yang bisa mencegah seseorang dalam pusaran penyalahgunaan barang haram itu.

“Peran orang tua, keluarga, istri atau suami sangatlah besar agar seseorang tidak terjerumus. Selain itu jangan pernah ikut mencoba, karena bisa membuat ketagihan,” terangnya lagi.

Selain Idris Kadir, hadir pula AKP Ahmad salah seorang personel Satuan Reskrim Narkoba Polrestabes Makassar yang memaparkan tentang bahaya berbagai jenis narkotika.

“Bahaya narkotika itu sangatlah jelas, karena menyerang saraf serta bisa menyebabkan kematian. Tidak hanya itu, zat yang terkandung di dalam narkotika bisa menyebabkan kecanduan hingga membuat seseorang bisa berbuat nekat jika tidak mendapatkan barang haram itu,” terangnya.

Sementara itu dosen ilmu komunikasi UINAM, Hj Andi Fauziah Astrid, S.Sos, M.Si menjelaskan, penanganan penyalahgunaan narkotika perlu dukungan berbagai pihak. Termasuk perlunya menjaga lingkungan tempat bergaul.

“Agar tidak salah jalan, perlu diperhatikan lingkungan pergaulan. Lingkungan pergaulan yang sehat bisa mencegah dari terjerumusnya seseorang kepada penyalahgunaan narkotika,” tambahnya. (MM/**)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Tim Kreatif

Baca Lainnya

Presiden Jokowi Resmikan Makassar New Port: Terbesar setelah Tanjung Priok

22 Februari 2024 - 15:22 WITA

Mengisi Kemeriahan Hari Jadi ke-52, Basarnas Makassar Gelar Donor Darah

22 Februari 2024 - 15:08 WITA

Berkas Kasus Situs Judi Online ‘SBOTOP’ Dinyatakan Lengkap

22 Februari 2024 - 15:03 WITA

Buronan Tersangka Kasus Dana Desa di Polewali Mandar Diringkus Tim Tabur Kejaksaan 

22 Februari 2024 - 14:57 WITA

PJ Gubernur Sulsel Lantik Dua PJ Bupati 

21 Februari 2024 - 19:47 WITA

Hadi Tjahjanto dan Agus Harimurti Dilantik jadi Menteri

21 Februari 2024 - 13:48 WITA

Trending di News