Menu

Mode Gelap
Muhammadiyah tetapkan 1 Ramadhan 1445H pada 11 Maret BREAKING NEWS: Ribuan Personel Gabungan Disiapkan Amankan Debat Pilpres Cerita Warga Manado Senang Bisa Berswafoto dengan Presiden  Polda Sulsel Gagalkan Peredaran 21 Kg Ganja, 98 Kg Sabu, 20 Ribu Butir Ekstasi Pj Gubernur Papua Terkena Lemparan Batu

News · 11 Nov 2023 20:49 WITA

Pengiat Lingkungan Dan Mahasiswa KKN Kolaborasi Aksi Tanam Pohon di Bantaran Sungai Lutim


 Pengiat Lingkungan Dan Mahasiswa KKN Kolaborasi Aksi Tanam Pohon di Bantaran Sungai Lutim Perbesar

MM, LuwuTimur- Aksi kolaborasi penanaman 750 bibit Pohon, di Bantaran sungai Desa Kalpataru, Kecamatan Tomoni, Kabupaten Luwu Timur, berjalan dengan lancar dan sukses pada, Sabtu 11/11/2023.

Penanaman pohon tersebut di inisiasi oleh beberapa lembaga pengiat lingkungan hidup, dan Mahasiswa IAIN Palopo yang tengah melaksanakan KKN di Desa tersebut.

Hafit, selaku salasatu pelaksana kegiatan mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan atas inisiasi kepedulian terhadap lingkungan.

”Kegiatan ini kami lakukan atas inisiasi kepedulian kami terhadap lingkungan, dimana balantaran sungai tomoni terus tergerus akibat abrasi dan adanya aktivitas pertambangan,” Kata Hapit Kepada metromilenial.id Sabtu (11/11/2023).

Hafit, juga menjelsakan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mencegah abrasi di bibir sungai.

“Berangkat dari situ kami dari Baranoa Team, KKN IAIN Palopo, KPA Kurpa, dan Karang Taruna Desa Kalpataru, membuat suatu gerakan dengan Tema “Aksi Penanaman Bibit Pohon” di belantaran sungai Desa Kalpatru, Kecamatan Tomoni, pada hari ini, Untuk mencegah abrasi di bibir sungai,” Sambung Hafid.

Dari pantauan metromilenial.id di lokasi kegiatan, hadir juga Camat Tomoni, dan Kepala Desa Kalpataru. Camat dan Kepala Desa juga turun langsung ikut dalam penanaman pohon tersebut.

Catur Dyan Sintawati, Camat Tomoni sangat mengapresiasi gagasan, serta mendukung dan mensupport, kegiatan yang dilakukan oleh organisasi-organisasi pecinta alam, dan lingkungan tersebut.

“Saya, bangga dan mengapresiasi mereka, ada ide seperti ini menanam pohon karena kitakan tau di daerah Sepenjang sungai itu lebih berisiko untuk terkikis air dan bisa menyebabkan banjir,” Kata Catur kepada metromilenial.id Sabtu (11/11/2023).

“Dengan gagasan ide menanam pohon di sekitaran sungai, saya kira itu gagasan yang sangat bagus, saya kira hal-hal seperti ini selalu kita support” Lanjutnya

Camat Tomoni juga menambahkan agar Kegiatan-kegiatan seperti ini, kiranya terus berlanjut, mengingat banyaknya kelompok pencinta alam dan lingkunga di Kecamatan Tomoni, dan Mangkutana Raya.

“Saya kira adik-adik pencinta alam ini tidak berhenti untuk selalu berkreasi dan berinovasi terkait kelestarian lingkungan,” Terangnya.

Camat Tomoni juga berpesan agar pohon-pohon yang di tanam tersebut agar kiranya selalu dijaga, dan dirawat.

“Saya berharap pohon-pohon yang kita tanam ini, yang jumlahnya kurang lebih 800 pohon, kita jaga, kita rawat. Kita berharap ini berkelanjutan sampai ke anak cucu,” Tutupnya, (Baso).

Artikel ini telah dibaca 177 kali

badge-check

Tim Kreatif

Baca Lainnya

Presiden Jokowi Resmikan Makassar New Port: Terbesar setelah Tanjung Priok

22 Februari 2024 - 15:22 WITA

Mengisi Kemeriahan Hari Jadi ke-52, Basarnas Makassar Gelar Donor Darah

22 Februari 2024 - 15:08 WITA

Berkas Kasus Situs Judi Online ‘SBOTOP’ Dinyatakan Lengkap

22 Februari 2024 - 15:03 WITA

Buronan Tersangka Kasus Dana Desa di Polewali Mandar Diringkus Tim Tabur Kejaksaan 

22 Februari 2024 - 14:57 WITA

PJ Gubernur Sulsel Lantik Dua PJ Bupati 

21 Februari 2024 - 19:47 WITA

Hadi Tjahjanto dan Agus Harimurti Dilantik jadi Menteri

21 Februari 2024 - 13:48 WITA

Trending di News