Menu

Mode Gelap
Muhammadiyah tetapkan 1 Ramadhan 1445H pada 11 Maret BREAKING NEWS: Ribuan Personel Gabungan Disiapkan Amankan Debat Pilpres Cerita Warga Manado Senang Bisa Berswafoto dengan Presiden  Polda Sulsel Gagalkan Peredaran 21 Kg Ganja, 98 Kg Sabu, 20 Ribu Butir Ekstasi Pj Gubernur Papua Terkena Lemparan Batu

News · 22 Nov 2023 13:19 WITA

Kepala Ombusman Sulteng Buka Sosialisasi Diskusi Publik Peningkatan Akses Pelayanan


 Kepala Ombusman Sulteng Buka Sosialisasi Diskusi Publik Peningkatan Akses Pelayanan Perbesar

BOUL, MM — Kepala Perwakilan Ombusman RI Sulawesi Tengah, membuka secara resmi sosialisasi dan diskusi publik peningkatan akses pelayanan publik Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah tahun 2023, bertempat di Hotel Srikandi Leok Kabupaten Buol (22/11/2023).

Hadir langsung dalam kegiatan sosialisasi dan diskusi tersebut, Anggota Ombudsman Republik Indonesia Iqbal Andi Maga Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah dan Para Pimpinan OPD Di Perangkat Daerah Kabupaten Buol, Para Kepala Desa dan Lurah, LBH, serta Pimpinan Ormas dan Masyarakat Pemerhati Hukum, dan para peserta rapat sosialisasi dan diskusi publik peningkatan akses pelayanan publik di Kabupaten Buol tahun 2023.

”kegiatan akses pelayanan publik yang diselenggarakan hari ini merupakan upaya peningkatan akses pelayanan publik salah satu komponen yaitu adanya pengaduan pelayanan publik hal ini bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat dan proaktivitas fungsi,” kata Iqbal.

Sebagai penutup dalam sambutannya, Iqbal mengharapkan agar sosialisasi dan diskusi pelayanan publik ini mampu memberikan pemahaman yang benar tekait pelayanan publik yang diilaksanakan dalam lingkungan Kabupaten Buol.

”harapan kami, sosialisasi dan diskusi pelayanan publik ini mampu memberikan pemahaman yang benar terhadap masyarakat.

Dalam sambutannya, Iqbal mengucapkan selamat datang dan juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Para Peserta yang ikut melaksanakan kegiatan sosialisasi dan diskusi peningkatan akses pelayanan publik dengan tema “Peningkatan Peran Masyarakat Dalam Pengawasan Publik Sebagai Hak Warga Negara” tahun 2023 di Kabupaten Buol.

Iqbal melanjutkan, untuk melibatkan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas, Pemerintah Kabupaten Buol telah berupaya memenuhi pelaksanaan evaluasi yang dimotori oleh Ombudsman RI sejak tahun 2021.

”dengan lokus yang terlibat dalam evaluasi dimaksud terdiri dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil, Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dan UPTD Puskesmas Kota,” ucap Iqbal.

Adapun hasil yang didapatkan setelah dilakukan evaluasi pelayanan publik, pada tahun 2021 nilai indek yang didapatkan dalam katagori kuning, tahun 2022 hasil evaluasi pelayanan publik meningkat menjadi zona hijau dengan indek perolehan 80,11 katagori hijau, tahun 2023 juga telah selesai dilaksanakan evaluasi/penilaian oleh Ombudsman RI dengan lokus yang sama dan sedang menunggu hasil/indeks tahun 2023 ini.

”semoga hasil evaluasi mengenai pelayanan publik tahun 2023, dapat menghasilkan peningkatan yang signifikan dari tahun-tahun sebelumnya,” harapnya.

Selain itu, maksud dari dilakukan sosialisasi ini, untuk mendorong unit penyelenggara pelayanan publik baik diselenggarakan oleh penyelenggara negara dan pemerintahan termasuk yang diselenggarakan oleh Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Milik Daerah, dan Badan Usaha Milik Negara serta Badan Swasta dan perorangan yang diberi tugas menyelenggarakan pelayanan publik.

”kegiatan akses pelayanan publik yang diselenggarakan hari ini merupakan upaya peningkatan akses pelayanan publik salah satu komponen yaitu adanya pengaduan pelayanan publik hal ini bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat dan proaktivitas fungsi,” kata Iqbal.

Sebagai penutup dalam sambutannya, Iqbal mengharapkan agar sosialisasi dan diskusi pelayanan publik ini mampu memberikan pemahaman yang benar tekait pelayanan publik yang diilaksanakan dalam lingkungan Kabupaten Buol.

Harapan kami, sosialisasi dan diskusi pelayanan publik ini mampu memberikan pemahaman yang benar tekait pelayanan publik, serta dapat menjadi ilmu yang bermamfaat bagi kita semua, untuk terapkan dalam penyelenggaraan pelayanan publik kedepannya, serta dapat menjadi wadah koordinasi antara peserta dan tim Ombudsman RI terkait hasil diskusi yang dilaksanakan hari ini.” harap Iqbal sebagai penutup dalam sambutannya.

(Samsul: Biro Buol)

Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Tim Kreatif

Baca Lainnya

Raker, Milad & Temu Alumni STIMI-YAPMI Makassar

25 Februari 2024 - 13:57 WITA

IKA 588 Distribusikan Puluhan Al-Qur’an di Pinrang

24 Februari 2024 - 21:07 WITA

Lagi, MAC Tebar Kemanfaatan di Musollah Jakarta Barat

24 Februari 2024 - 20:12 WITA

Partai Demokrat dan Perindo, Menguat ke Koalisi Pilkada Buol 2024

23 Februari 2024 - 15:46 WITA

Presiden Jokowi Resmikan Makassar New Port: Terbesar setelah Tanjung Priok

22 Februari 2024 - 15:22 WITA

Mengisi Kemeriahan Hari Jadi ke-52, Basarnas Makassar Gelar Donor Darah

22 Februari 2024 - 15:08 WITA

Trending di News