Menu

Mode Gelap
Tahun Depan, Indonesia Dapat 221 Ribu Kuota Haji Presiden Tinjau Pompanisasi di Jawa Tengah, Upaya Antisipasi Kekeringan dan Peningkatan Produksi Pangan Polri dan Vietnam Perkuat Kerja Sama Pengejaran Buron Mesin Pesawat Jemaah Haji UPG-05 Rusak, Kemenag Minta Garuda Indonesia Profesional Presiden Jokowi Gelar Rapat Terbatas Soal Erupsi Gunung di Sulawesi Utara

IKN · 22 Apr 2024 13:19 WITA

Pengerjaan Bandara VVIP IKN di Kebut Siap Sambut Pesawat Kepresidenan


 Pengerjaan Bandara VVIP IKN di Kebut Siap Sambut Pesawat Kepresidenan Perbesar

JAKARTA, MM | Landasan pacu Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN) disebut Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bisa digunakan untuk upacara peringatan HUT RI ke-79 tanggal 17 Agustus 2024. Pesawat kepresidenan ‘Indonesia One’ berjenis Boeing 737-800 BBJ-2 yang memiliki panjang 39,5 meter disebut cukup untuk mendarat di bandara tersebut.

“Cukup (bagi pesawat presiden mendarat), sedang kita usahakan,” ucap Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta, Jumat (19/4/2024), Hari lalu.

Danis kemudian menjelaskan bahwa pembangunan Bandara VVIP IKN merupakan tanggung jawab dua instansi yakni Kementerian PUPR bersama Kementerian Perhubungan. PUPR bertugas untuk menyiapkan runway alias landasan pacu, sementara Kementerian Perhubungan menyiapkan gedung bandara.

Ia mengatakan bahwa runway Bandara VVIP IKN memiliki total panjang 3.000 meter, namun agar bisa digunakan pada Agustus 2024, sebanyak 2.200 meter sedang disiapkan agar bisa digunakan terlebih dahulu untuk dilintasi pesawat. Progres bandara itu secara keseluruhan pun sudah mencapai angka 15%, bandara itu bakal terintegrasi dengan Jalan Bebas Hambatan Segmen 5B Jembatan Pulau Balang-Sp. Riko.

Walhasil, guna memastikan proyek berjalan sesuai dengan target, Danis mengaku akan mengunjungi Bandara VVIP IKN Nusantara bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pada pekan yang akan datang.

“Pekan depan mau dicek, bersama Pak Menhub,” pungkas Danis, (**).

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Tim Kreatif

Baca Lainnya

ASN Bakal Upacara HUT Kemerdekaan RI di IKN

17 April 2024 - 11:02 WITA

Trending di IKN