Menu

Mode Gelap
Tahun Depan, Indonesia Dapat 221 Ribu Kuota Haji Presiden Tinjau Pompanisasi di Jawa Tengah, Upaya Antisipasi Kekeringan dan Peningkatan Produksi Pangan Polri dan Vietnam Perkuat Kerja Sama Pengejaran Buron Mesin Pesawat Jemaah Haji UPG-05 Rusak, Kemenag Minta Garuda Indonesia Profesional Presiden Jokowi Gelar Rapat Terbatas Soal Erupsi Gunung di Sulawesi Utara

News · 25 Apr 2024 15:11 WITA

Kukuhkan 1.064 Lulusan UKMPPG UIN Bandung, Sekjen Minta Guru Berwawasan Masa Depan


 Kukuhkan 1.064 Lulusan UKMPPG UIN Bandung, Sekjen Minta Guru Berwawasan Masa Depan Perbesar

BANDUNG, MM | Sekjen Kemenag M Ali Ramdhani berharap program Ujian Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) 2024 berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan. Karenanya, pada lulusan UKMPPG juga harus memiliki wawasan masa depan dalam memajukan pendidikan.

Pesan ini disampaikan Sekjen Kemenag saat mengukuhkan 1.064 lulusan Ujian Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan LPTK Univeristas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung.

Mereka terdiri atas 643 guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada sekolah dan 421 guru madrasah. ”Guru harus memiliki sikap atau fathonah, yaitu cerdas dan berwawasan masa depan. Profesi guru harus didukung dengan kemauan kuat untuk menjadi pribadi pembelajar sepanjang hayat, sehingga guru menjelma menjadi pribadi yang berwawasan masa depan,” pesan M Ali Ramdhani di Bandung, Selasa (23/4/2024).

Menurutnya, guru berwawasan masa depan harus memiliki pengetahuan tentang tantangan yang akan dihadapi murid-muridnya. Sehingga, guru mampu memberikan pembelajaran yang bermakna untuk membekali mereka agar bisa menyelesaikan tugas yang akan diemban kelak.

Guru berwawasan masa harus mampu mengajar para siswa sesuai dengan tantangan zamannya. Sebab, para siswa akan hidup di zaman mereka, bukan zaman para guru.

“Sesungguhnya mereka diciptakan untuk zamannya, sedangkan kalian diciptakan untuk zaman kalian,” tutur Sekjen mengutip salah satu riwayat.

Selain berwawasan masa depan, guru juga harus dapat dipercaya dan bertanggung jawab (amanah), jujur (siddiq), dan menyampaikan (tabligh). Guru harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik supaya pesan yang akan disampaikan dapat diterima dengan baik oleh murid dan masyarakat pada umumnya.

“Komunikasi di sini tidak sebatas pada komunikasi verbal, tapi juga berkaitan dengan kemampuan dalam menuangkan ide dan gagasan dalam bentuk karya tulis, serta kemampuan menggunakan metode pembelajaran yang tepat bagi tumbuh kembangnya murid,” sebutnya.

Pria yang akrab disapa Kang Dhani ini mengajak para guru profesional yang dikukuhkan mampu mengimplementasikan karakter fathanah, amanah, siddiq, dan tabligh yang merupakan sifat-sifat kenabian, (**).

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Tim Kreatif

Baca Lainnya

Presiden Tinjau Pompanisasi di Jawa Tengah, Upaya Antisipasi Kekeringan dan Peningkatan Produksi Pangan

20 Juni 2024 - 06:00 WITA

PLN UID Sulselrabar Bagikan 5 Ton Daging Hasil 74 Ekor Hewan Kurban

20 Juni 2024 - 05:55 WITA

Marwan Aras Center Berbagi Manfaat Kepada Dhuafa dan Fakir Miskin di Makassar

17 Juni 2024 - 17:50 WITA

Idul Adha di Desa Tomoli Selatan, Warga Padati Masjid At-Taqwa Parigi Moutong 

17 Juni 2024 - 11:24 WITA

Sambut Hari Raya Idul Adha 1445 H, PLN Pastikan Keandalan Pasokan Listrik

16 Juni 2024 - 18:19 WITA

3.928 KK Warga Desa di Kecamatan Mappak dan Simbuang, Tana Toraja Akhirnya Bisa Nikmati Listrik PLN 24 Jam

15 Juni 2024 - 08:02 WITA

Trending di News