Menu

Mode Gelap
Polri dan Vietnam Perkuat Kerja Sama Pengejaran Buron Mesin Pesawat Jemaah Haji UPG-05 Rusak, Kemenag Minta Garuda Indonesia Profesional Presiden Jokowi Gelar Rapat Terbatas Soal Erupsi Gunung di Sulawesi Utara Bikin Bangga, Dua Anggota Polri Harumkan Indonesia Lewat Timnas U-23 KPU RI : Menentapkan Prabowo-Gibran jadi presiden-wapres terpilih Pilpres 2024

Food & Travel · 12 Jun 2022 11:31 WITA

7 Makanan Indonesia yang Mendunia, Nomor 2 Paling Enak! 


 7 Makanan Indonesia yang Mendunia, Nomor 2 Paling Enak!  Perbesar

JAKARTA – Indonesia tidak hanya dikenal dengan kekayaan sumber daya alamnya, tetapi juga memiliki tradisi dan budaya yang sangat beragam.

Salah satu produk budaya yang berhasil menarik perhatian dunia internasional adalah masakan Indonesia. Karena cita rasa asli makanan Indonesia, beberapa makanan asli negara kita sering disajikan di festival-festival yang diadakan di beberapa negara di dunia.

Indonesia terkenal dengan kekayaan rempah-rempahnya. Itu sebabnya makanan Indonesia rasanya unik dan enak. Berikut makanan Indonesia yang mendunia

1. Rendang
Rendang adalah kuliner khas dunia. Karena kelezatan hidangan khas Indonesia ini, rendang menduduki peringkat tinggi dalam daftar 50 Makanan Terlezat Dunia versi CNN International tahun 2011.

Makanan dari daerah Pariangan Padang, Sumatera Barat ini memang terkenal dengan cita rasanya yang khas .Rendang sendiri merupakan makanan yang terbuat dari daging dan rempah-rempah yang terbuat dari rempah-rempah asli Indonesia.

2. Gado-Gado
Gado-gado termasuk dalam daftar masakan khas Indonesia yang mendunia lainnya. Masakan asal Jawa berupa sayur rebus, irisan telur, sedikit bawang goreng dan sambal kacang ini disebut sebagai salad versi Indonesia.

Berbeda dengan salad sayuran biasa, gado-gado tidak menggunakan mayones sebagai dressing, melainkan diolah dengan selai kacang yang sangat nikmat.

Meski sederhana, masakan Indonesia ini lebih dari sekedar makanan, karena masakan Indonesia ini berhasil meraih juara pertama dalam kategori estetika presentasi pada International Cooking Competition 2010 di Naples, Italia.

3. Soto
Makanan khas Indonesia lainnya di dunia adalah soto. Sedangkan daerah di Indonesia memiliki berbagai macam soto seperti soto betawi, coto Makassar, soto ayam, soto daging, hingga soto babat, pada dasarnya makanan berkuah ini terdiri dari beragam isian yang dibanjiri kuah dengan rempah-rempah.

4. Sate
Selanjutnya dalam daftar kuliner khas Indonesia yang mendunia adalah sate. Makanan khas Indonesia yang terbuat dari daging yang dibakar dan disajikan dengan berbagai bumbu rempah ini tidak hanya digandrungi oleh masyarakat Indonesia tetapi juga oleh masyarakat manca negara.

Beberapa restoran telah menunjukkan hal ini dengan memasukkan hidangan sate ke dalam menu mereka, seperti Satay Junction di New York.

Sate Indonesia dibuat dengan daging domba dan ayam, dimasak dengan cara dibakar lalu disiram dengan kecap atau saus kacang.

5. Gudeg
Hidangan khas Indonesia dari Yogyakarta dengan rasa manis yang biasa dikenal dengan semur nangka ini disukai dunia internasional karena rasanya yang unik. Banyak negara yang mencari untuk mengimpor makanan khas Indonesia ini dalam bentuk kalengan, dan ada juga restoran yang menyajikan menu gudeg di restorannya, seperti restoran di Clayton Road, Melbourne, Australia.

Bahan utama Gudeg adalah nangka muda mentah, yang juga disebut gori oleh masyarakat sekitar. Dalam prosesnya, nangka muda yang sudah diparut direbus dengan gula aren dan santan dengan api kecil selama beberapa jam. Bawang putih, bawang merah, kemiri, biji ketumbar, lengkuas, daun salam, kemudian daun jati ditambahkan ke dalam adonan yang memberi warna coklat kemerahan pada hidangan.

6. Bakso
Makanan Indonesia selanjutnya yang mendunia adalah bakso. Makanan untuk segala usia ini sangat enak dan menyegarkan.

Tak hanya itu, bakso yang lembut, kenyal, lidah-lidah dan bikin ketagihan ini juga menjadi makanan favorit mantan Presiden AS Barack Obama.

Satu porsi bakso meliputi beberapa bakso, mie kuning, tauge, tahu, pangsit, mie kuning, bihun, sedikit bawang goreng, dan seledri.

7. Nasi Goreng
Makanan khas Indonesia terakhir yang dikenal dunia adalah nasi goreng dianggap sebagai hidangan serbaguna. Ini karena nasi goreng bisa disantap dalam kondisi apapun.

Nasi goreng kini bisa ditemukan di setiap sudut Indonesia, bahkan di luar negeri, (***).

Artikel ini telah dibaca 81 kali

badge-check

Tim Kreatif

Baca Lainnya

Maskapai Air Asia Himbau Penumpang Soal Syarat Bagasi Kabin, Lihat Disini!

22 Maret 2024 - 03:40 WITA

PJ Gubernur DKI Jakarta Bakal Kembangkan Food Estate di Kepulauan Seribu

21 Maret 2024 - 17:29 WITA

The 5 Most Successful Drink Companies In Region

27 Agustus 2021 - 10:34 WITA

Fall in Love With Cool-Weather Gardening for a Healthy, Hefty Homegrown Harvest

9 Juni 2021 - 03:47 WITA

Meat Shortages Mean It’s Time to Try Plant-Based Protein

9 Juni 2021 - 03:43 WITA

Certain Medicare Plans Could Offer Members Food Assistance Benefits

9 Juni 2021 - 03:40 WITA

Trending di Food & Travel