Menu

Mode Gelap
Tahun Depan, Indonesia Dapat 221 Ribu Kuota Haji Presiden Tinjau Pompanisasi di Jawa Tengah, Upaya Antisipasi Kekeringan dan Peningkatan Produksi Pangan Polri dan Vietnam Perkuat Kerja Sama Pengejaran Buron Mesin Pesawat Jemaah Haji UPG-05 Rusak, Kemenag Minta Garuda Indonesia Profesional Presiden Jokowi Gelar Rapat Terbatas Soal Erupsi Gunung di Sulawesi Utara

Food & Travel · 21 Mar 2024 17:29 WITA

PJ Gubernur DKI Jakarta Bakal Kembangkan Food Estate di Kepulauan Seribu


 PJ Gubernur DKI Jakarta Bakal Kembangkan Food Estate di Kepulauan Seribu Perbesar

Jakarta, MM | Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyatakan akan membangun lumbung pangan atau food estate di Kepulauan Seribu pada 2025 mendatang.

Heru mengatakan food estate itu dibangun untuk menjaga ketahanan pangan DKI Jakarta. Menurutnya, Kepulauan Seribu merupakan wilayah perairan yang kaya akan hasil laut.

“Kita melihat kebutuhan bahan pokok semakin berkurang di dunia. Maka pada 2025 dan seterusnya memang harus dipikirkan Kepulauan Seribu menjadi lumbung pangan bagi masyarakat DKI Jakarta,” ujar Heru dalam keterangannya, Kamis (21/3).

Berdasarkan kajian yang dilakukan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), kata dia, Kepulauan Seribu memiliki potensi untuk dibangun food estate lantaran kaya akan sumber daya alam laut seperti ikan dan rumput laut.

Heru menyebut food estate tak memungkinkan jika dibangun di wilayah Jakarta Utara. Sebab, pesisir Jakarta telah tercemar limbah.

“Kalau di pesisir dekat Jakarta tidak memungkinkan juga, mungkin ada pencemaran limbah dan sebagainya,” tuturnya.

Heru mengatakan proyek pembangunan food estate di Kepulauan Seribu saat ini tengah dikaji. Nantinya, pembangunan akan melibatkan BUMD DKI Jakarta hingga Bappenas.

Proyek food estate merupakan salah satu kebijakan pemerintah yang dirancang dengan konsep pengembangan pangan secara terintegrasi, (**).

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Tim Kreatif

Baca Lainnya

Maskapai Air Asia Himbau Penumpang Soal Syarat Bagasi Kabin, Lihat Disini!

22 Maret 2024 - 03:40 WITA

7 Makanan Indonesia yang Mendunia, Nomor 2 Paling Enak! 

12 Juni 2022 - 11:31 WITA

The 5 Most Successful Drink Companies In Region

27 Agustus 2021 - 10:34 WITA

Fall in Love With Cool-Weather Gardening for a Healthy, Hefty Homegrown Harvest

9 Juni 2021 - 03:47 WITA

Meat Shortages Mean It’s Time to Try Plant-Based Protein

9 Juni 2021 - 03:43 WITA

Certain Medicare Plans Could Offer Members Food Assistance Benefits

9 Juni 2021 - 03:40 WITA

Trending di Food & Travel