Menu

Mode Gelap
Operasi Ketupat 2024 Berakhir, Korlantas Polri Hentikan One Way hingga Contra Flow Penggunaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Sulselrabar Meningkat  Presiden Gelar Ratas Bahas Dampak Geopolitik Timur Tengah terhadap Ekonomi Indonesia Indonesia Intensifkan Upaya Diplomasi, Dorong Deeskalasi Ketegangan di Timur Tengah Progres Rumah Menteri di IKN  Ditargetkan Rampung Juli 2024

Daerah · 2 Jul 2022 22:22 WITA

Sekdis Kominfo Sulteng Buka Bimtek Literasi Digital Sejuta Pemirsa


 Sekdis Kominfo Sulteng Buka Bimtek Literasi Digital Sejuta Pemirsa Perbesar

Palu–  Kepala Dinas Kominfo diwakili Sekretaris Kominfo Drs. Aswin Saudo, M.Si membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Literasi Digital dan Sosialisasi Literasi Sejuta Pemirsa KPID Sulawesi Tengah. Bertempat di Gedung BPSDM. Jumat, (1/7/2022)

Dalam laporanya, Ketua HMI Kohati menyampaikan bahwa Kegiatan Bimtek ini mengangkat tema “Cerdas Bermedia di Era Digital” yang  diselenggarakan oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) bekerja sama dengan Korps HMI Wati (Kohati) Badan Koordinasi (Badko).

Dalam menanggapi era globalisasi yang di perhadapkan dengan perubahan yang serba cepat. perubahan yang dimaksud adalah perubahan arah teknologi informasi dalam dunia literasi. Olehnya, kegiatan ini dapat dilakukan secara berkesinambungan dan memberi perbaikan di tengah-tengah masyarakat.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Dinas Kominfo Drs. Aswin Saudo, M.Si   menyampaikan bahwa literasi digital bukan hanya sekedar kemampuan membaca atau menulis informasi di media digital, tetapi kemampuan untuk mencari, mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menggunakan informasi.

“Saya sangat mendukung gerakan literasi sejuta pemirsa karena budaya digital hanya bisa terbentuk jika dibarengi dengan memahami 4 pilar literasi digital dan dilakukan secara konsisten.” Ucap Sekdis Kominfo dalam sambutanya

Ia juga mengatakan untuk meningkatkan pemahaman, pola pikir, dan pandangan kritis dalam menyikapi isu maka perlu memperhatikan 4 pilar Literasi Digital yakni ; etika digital, keamanan digital, keterampilan digital dan budaya digital.

Kemudian, dengan memberikan pembelajaran literasi digital, dapat mencegah terjadinya banjir hoaks di media sosial dengan  berita-berita yang telah dicek berdasarkan klasifikasi dan pengecekan fakta.

Diakhir sambutannya, beliau berharap dengan adanya literasi digital, kiranya dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan terkait aturan, norma dan etika dalam memanfaatkan teknologi secara bertanggungjawab.

“Saya berharap kepada kita semua agar teliti dalam memanfaatkan sosial media. Sebab, seseorang yang mempunyai literasi digital pasti akan bijak dalam mengelola media sosialnya.” Tambah beliau

Pertemuan tersebut juga dihadiri : Wakil Walikota Palu, Ketua Umum Kohati Badko Sulteng, Ketua Umum HMI Badko Sulteng Narasumber dan Peserta, (**).

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Tim Kreatif

Baca Lainnya

Jelang Lebaran, PJ Bupati Sinjai Operasi Pasar

5 April 2024 - 15:31 WITA

Tanam Perdana Pisang Cavendish di Lutim, Petani Terharu Terima Bantuan Bibit

4 Januari 2024 - 23:18 WITA

154 IKM di Sidrap terima sertifikat Halal

19 Desember 2023 - 17:17 WITA

Gerakan Sejuta Al-Qur’an IKA 588 Disejumlah Masjid di Maros dan Makassar

7 Desember 2023 - 10:02 WITA

STIMI YAPMI Mengikuti kegiatan BIMTEK Proposal PKKM Tahun 2024

28 November 2023 - 22:08 WITA

Penemuan Bayi Dalam Kardus di Kabupaten Gowa, Polisi Lakukan Penyelidikan 

28 November 2023 - 21:48 WITA

Trending di Daerah