Menu

Mode Gelap
Pelepasan One Way, Kakorlantas Imbau Pemudik Jaga Toleransi Sesama Pengendara Indonesia Berhasil Kirim Bantuan ke Gaza via Pesawat Hercules C130 TNI AU H-1 Lebaran, 100.776 Kendaraan Tinggalkan Jakarta Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dijadwalkan Khatib Shalat Idulfitri di Anjungan City of Makassar  Lonjakan Pemudik Capai 56 Persen, Presiden Jokowi: Mudik Lebih Awal

Sulsel · 4 Agu 2022 20:25 WITA

Total Rp411 Miliar Alokasi Pemprov untuk Toraja Utara


 Total Rp411 Miliar Alokasi Pemprov untuk Toraja Utara Perbesar

Toraja– Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman melihat dan menilai Kabupaten Toraja Utara di usianya 14 tahun telah bertransformasi menjadi kabupaten yang berkembang dengan luar biasa.

“Tidak terasa 14 tahun sudah Kabupaten Toraja Utara. Menjadi sebuah kabupaten yang terus berkembang, saya lihat perkembangannya luar biasa. Bahkan waktu Bapak Presiden berkunjung ke Bandara Buntu Kunik (Tana Toraja) saya sampaikan ke beliau,” kata Andi Sudirman.

Hal itu disampaikan pada puncak kegiatan 14 Tahun Kabupaten Toraja Utara yang mengangkat tema “Bergerak Maju Menuju Toraja Utara yang Mandiri, Berbudaya dan Berdaya Saing” di Lapangan Bakti, Singki’, Kota Rantepao, Kamis 4 Agustus 2021.

Lanjutnya, bahwa untuk mendukung pembangunan di Kabupaten Toraja Utara, Pemprov telah mengalokasi anggaran senilai Rp411 miliar. Ini merupakan komitmen Pemprov Sulsel dalam melakukan pembangunan yang merata dan berkadilan. “Buktinya, Rp411 miliar telah kita kucurkan untuk Toraja Utara,” sebutnya.

Utamanya dalam hal mobilisasi barang dan jasa, Pemprov mengenjot pengerjaan infrastruktur. Seperti dalam mendukung akses menuju kawasan wisata di Kapitoo di Kecamatan Kapala Pitu. Dilakukan penanganan jalan Provinsi ruas Rantepao – Pangalila – Barupu – Batas Provinsi Sulbar secara bertahap. Di mana tahun ini, akan melakukan penanganan sepanjanh 5,4 KM, di tahun sepanjang 14,7 KM dan sebelumnya 7,1 KM. Hadirnya ruas jalan ini mensupport kawasan wisata menampilkan panorama alam yang indah dan sejuk.

Selain itu, juga penanganan ruas jalan Rantepao – Sa’dan – Batusitanduk secara bertahap. Ruas Rantepao – Batas Luwu telah tuntas 27 KM. Sama halnya jalan ruas Rantepao – Alang-alang – Madandan – Batas Tana Toraja telah tuntas 18 KM.

“Penting Toraja Utara ini menjadi penghubung untuk Luwu Raya,” ucapnya.

Dukungan lain dengan tahun ini memberikan bantuan keuangan daerah Rp20 miliar untuk penanganan sejumlah ruas jalan kabupaten di Toraja Utara.

“Kita sudah tegaskan bahwa Pemprov selalu mendukung Torut termasuk memberikan bantuan keuangan Rp20 miliar untuk tahun ini dan Pemda segera dilaksanakan,” jelasnya.

Selain itu, Andi Sudirman berharap sinergi pembangunan dapat dilakukan dengan kabupaten tetangga termasuk dengan Tana Toraja diantaranya, layanan penerbangan untuk masyarakat Toraja.

Pada kesempatan ini Andi Sudirman juga menyerahkan Bantuan Pembangunan Gapura Perbatasan Wilayah Kabupaten Toraja Utara – Kabupaten Tana Toraja senilai Rp388,4 juta dari Bank Sulselbar, pemberian santunan kematian kepada ahli waris Almarhum Saleno Lolo korban KKB Papua serta apresiasi kepada peraih Kalpataru 2022 Pendeta Rasely Sinampe.

Sementara Bupati Yohanis Bassang berterima kasih atas perhatian Gubernur dalam pembangunan di Toraja Utara selama ini dan meminta untuk dilanjutkan. Bahkan ia menyampaikan catatan nama-nama ruas jalan yang diharapkan dibantu dan menyerahkan kepada gubernur.

“Karena Toraja utara sayang dengan Bapak, pastilah kalau rakyatnya sayang, pasti bapaknya (Gubernur) juga sayang. Oleh karena itu, sekali lagi kami mohon kepada Bapak Gubernur untuk melakukan pembangunan,” sebutnya. (red/**)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Tim Kreatif

Baca Lainnya

PJ Bupati Luwu Resmi Buka Rapat Koordinasi Forkopimda, Ini Poin Penting Dibahas!

19 Maret 2024 - 11:27 WITA

KPU Sulteng menetapkan rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara Calon DPD

19 Maret 2024 - 05:28 WITA

Selesai Mencoblos, Pj Gubernur Sulsel Imbau Warga Segera ke TPS Salurkan Hak Pilih

14 Februari 2024 - 10:18 WITA

Bupati Barru Dukung Program CSR BRI Peduli Stunting

24 Januari 2024 - 08:08 WITA

Pj Gubernur Sulsel Bertekad Kembalikan Kejayaan Wija To Luwu Lewat Sektor Pertanian

24 Januari 2024 - 07:37 WITA

Tingkatkan Sinergitas, forkopimda Sidrap Virtual Silaturahmi forkopimda Sulsel

9 Januari 2024 - 14:38 WITA

Trending di Sulsel