Menu

Mode Gelap
Muhammadiyah tetapkan 1 Ramadhan 1445H pada 11 Maret BREAKING NEWS: Ribuan Personel Gabungan Disiapkan Amankan Debat Pilpres Cerita Warga Manado Senang Bisa Berswafoto dengan Presiden  Polda Sulsel Gagalkan Peredaran 21 Kg Ganja, 98 Kg Sabu, 20 Ribu Butir Ekstasi Pj Gubernur Papua Terkena Lemparan Batu

News · 7 Des 2023 13:59 WITA

Makassar Sentra Pariwisata dalam Mendukung Transformasi Ibu Kota Negara


 Makassar Sentra Pariwisata dalam Mendukung Transformasi Ibu Kota Negara Perbesar

MAKASSAR,MM —  Kota Makassar sebagai salah kota terdekat dari Ibu Kota Nusantara. Peluang ini dilihat oleh Pemkot Makassar sehingga mempersiapkan berbagai instrumen. Salah satu contoh ialah pariwisata.

Plt Kadiskominfo Makassar Ismawaty Nur mengatakan jarak Makassar dengan IKN hanya berjarak 45 menit olehnya sangat dekat sebagai destinasi baru di Indonesia Timur.

“Pusat edukasi untuk Indonesia Timur juga ada di Makassar. Sederhana saja, jika bosan di sana paling dekat di Makassar. Kalau mau ke Mall misalnya ya paling ke sini, kita adalah kota metropolitan paling dekat,” kata Ismawaty dalam diskusi Temu Influencer; Mewujudkan Visi Smart City dalam Transformasi Ibu Kota Negara di Makassar, Rabu, (6/12/2023).

Selanjutnya, tinggal digalakkan saja bahwa Makassar bisa menjadi pusat event dan pariwisata. Seperti Makassar F8 yang diklaim sebagai Festival Tepi Laut Terbaik di Dunia

Karnaval Budaya yang menjadi puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Makassar yang kerap digelar November. Terakhir bahkan konsep mirip Festival Awa Odori di Jepang.

Dan yang paling populer ialah Lorong Wisata. Program unggulan Pemerintah Kota Makassar yang diinisiasi Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto. Program ini telah berhasil memberikan kontribusi yang positif kepada kota Makassar.

Banyak keunikan di dalamnya, seperti pemberdayaan masyarakat, kelompok tani, kelompok wanita, pemuda dan lain sebagainya. Lengkapnya dalam Lorong Wisata juga tersedia 21 konten, di antararanya food security, inflation control, circular economy, 20 UMKM digital per lorong, startup lorong, destinasi wisata makan enak, destinasi wisata sejarah, seni, dan lain sebagainya.

Tercatat, saat ini sudah ada 2.077 lorong dari sebelumnya 1.000-an Lorong Wisata. Olehnya potensi pariwisata ini mesti dikuatkan terus agar memberikan dampak signifikan terhadap perekonomian masyarakat dan mendorong transformasi IKN. (**)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Tim Kreatif

Baca Lainnya

Presiden Jokowi Resmikan Makassar New Port: Terbesar setelah Tanjung Priok

22 Februari 2024 - 15:22 WITA

Mengisi Kemeriahan Hari Jadi ke-52, Basarnas Makassar Gelar Donor Darah

22 Februari 2024 - 15:08 WITA

Berkas Kasus Situs Judi Online ‘SBOTOP’ Dinyatakan Lengkap

22 Februari 2024 - 15:03 WITA

Buronan Tersangka Kasus Dana Desa di Polewali Mandar Diringkus Tim Tabur Kejaksaan 

22 Februari 2024 - 14:57 WITA

PJ Gubernur Sulsel Lantik Dua PJ Bupati 

21 Februari 2024 - 19:47 WITA

Hadi Tjahjanto dan Agus Harimurti Dilantik jadi Menteri

21 Februari 2024 - 13:48 WITA

Trending di News