Menu

Mode Gelap
Operasi Ketupat 2024 Berakhir, Korlantas Polri Hentikan One Way hingga Contra Flow Penggunaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Sulselrabar Meningkat  Presiden Gelar Ratas Bahas Dampak Geopolitik Timur Tengah terhadap Ekonomi Indonesia Indonesia Intensifkan Upaya Diplomasi, Dorong Deeskalasi Ketegangan di Timur Tengah Progres Rumah Menteri di IKN  Ditargetkan Rampung Juli 2024

Balikpapan · 8 Agu 2022 14:11 WITA

Tahun Ini 5,3 Triliun Bangun IKN, Progres Bendungan Sepaku – Semoi 56,72 Persen


 Tahun Ini 5,3 Triliun Bangun IKN, Progres Bendungan Sepaku – Semoi 56,72 Persen Perbesar

Balikpapan– Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) terus berprogres. Rencananya pertengahan Agustus ini pembangunan fisik IKN akan segera dimulai setelah tahapan lelang di Jakarta selesai. Presiden Joko Widodo sendiri yang akan langsung memimpin peletakan batu pertama pembangunan IKN.

Tahun ini pemerintah sudah menyiapkan alokasi APBN tidak kurang dari Rp5,3 triliun untuk pembangunan IKN. Sedangkan total disiapkan untuk anggaran tahun jamak hingga 2024 sebesar Rp43 triliun.

“Presiden memberikan atensi khusus untuk IKN ini. Harus jalan kata beliau,” ucap Gubernur Isran saat mendampingi Presiden Joko Widodo ke lokasi IKN di Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara, Juni lalu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri sangat serius dengan mimpi besarnya untuk memindahkan pusat pemerintahan Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur itu.

Secara keseluruhan pembangunan fisik infrastruktur IKN diprediksi akan menelan anggaran tidak kurang dari Rp466 triliun hingga tuntas pada tahun 2045 nanti.

Pemerintah pun telah menegaskan tidak semua pembiayaan infrastruktur IKN menggunakan APBN. Proyeksi rinciannya sebagai berikut.

Dari APBN pemerintah menyiapkan Rp90,4 triliun, Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KBPU) Rp 252 triliun dan skema pembiayaan swasta – BUMN sebesar Rp123,27 triliun.

Presiden Joko Widodo sendiri sudah beberapa kali datang langsung ke lokasi IKN demi memastikan rencana pemindahan ibu kota negara berjalan sesuai target yang telah ditetapkan.(Red/**)

Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Tim Kreatif

Baca Lainnya

Disdukcapil se-Kalimantan Buka Layanan Administrasi bagi Penyandang Disabilitas

11 Agustus 2022 - 15:53 WITA

Wagub Kaltim Sampaikan Hal Serius Terkait Prokes

8 Agustus 2022 - 14:08 WITA

Peringati 1 Muharram NasDem Balikpapan Gelar Doa Bersama, Madram Mukyar Gabung, Ini Kata AHB

7 Agustus 2022 - 07:53 WITA

AMPG Balikpapan Bagikan Bendera bagi Pengendara yang Melintas Jalan Sudirman

5 Agustus 2022 - 21:17 WITA

Patman Prakkasi : Lokomotif Baru GAPENSI Harus Bangkit

3 Agustus 2022 - 11:45 WITA

PT Kilang Pertamina Internasional RU-V Balikpapan Adakan Kerjasama Pelatihan Safetyman Gandeng UNIBA

2 Agustus 2022 - 15:27 WITA

Trending di Balikpapan